Home » Berita » Rapat Koordinasi Penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2014
Filed: Berita

default-slider-blue

Jakarta, 15/11/2013 — “Pelaksanaan penyerahan DIPA TA 2014 merupakan momen penting yang harus dikerjakan sebaik-baiknya karena kegiatan tersebut mempertaruhkan performance dan citra Kemenkeu di mata para pejabat satuan kerja Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah”, demikian permintaan Tata Suntara, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, dalam acara pembukaan Rapat Koordinasi Penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2014 di daerah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Swiss-Belhotel Mangga Besar Jakarta tanggal 15 Nopember 2013 tersebut dihadiri oleh pejabat/pegawai Kantor Pusat Ditjen Anggaran (DJA) dan Perbendaharaan (DJPb) serta Kepala Bagian Umum Kanwil DJPb, Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga Kanwil DJPb, dan Bendahara Kanwil DJPb. Ungkapan Sekretaris Ditjen Perbendaharaan tersebut merupakan hal yang logis mengingat acara penyerahan DIPA di daerah yang dihadiri oleh Gubernur, Walikota dan Bupati di wilayah tersebut, serta pimpinan satuan kerja Kementerian Negara/Lembaga di daerah. Baik buruknya pelaksanaan acara tersebut sangat mempengaruhi citra bukan saja Ditjen Perbendaharaan, namun juga Kementerian Keuangan secara keseluruhan. Dengan demikian, pejabat/staf DJA dan DJPb harus serius mengemas acara tersebut sebaik-baiknya.

Adapun Anandy Wati, Sekretaris Ditjen Anggaran, dalam sambutannya menggarisbawahi perlunya paserta dari Kantor Pusat dan Kantor Daerah untuk duduk bareng mereview kegiatan yang sama pada tahun sebelumnya. Beliau juga meminta peserta agar mengantisipasi hal-hal kecil yang nantinya akan mengganggu kelancaran kegiatan (seperti keterlambatan penyelesaian SPJ). Belajar dari pengalaman kegiatan tahun 2012 diharapkan masalah tersebut tidak terulang lagi pada tahun ini.

Selanjutnya, Arya Bratha, Kepala Bagian Umum DJA, dalam kesempatan tersebut menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan terkait rencana teknis penyerahan DIPA di daerah. Periode kegiatan penyerahan DIPA di daerah diperkirakan akan dilangsungkan pada tanggal 12 s.d. 22 Desember 2013 (pasca penyerahan DIPA di Istana Negara yang diperkirakan tanggal 10 Desember 2013). Adapun Isus Setyaningsih, Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan DJA, menyampaikan hal-hal penting terkait penyelesaian pertanggungjawaban kegiatan penyerahan DIPA 2014 di daerah.

Pada kesempatan tersebut dibuka sesi tanya jawab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diperkirakan akan muncul dalam pelaksanaan di lapangan. Berbagai pertanyaan mulai usulan pembiayaan untuk MC/pemimpin doa hingga seminar kit diajukan oleh peserta daerah dan dijawab narasumber dengan lugas. Dalam rangka memudahkan penyusunan rencana kegiatan di daerah sejak awal peserta dari Kantor Pusat dan Kantor Daerah sudah dikelompokkan di meja bundar (round table) berdasarkan lokasi penyerahan DIPA. Semua berharap kegiatan penyerahan DIPA 2014 nantinya bisa berjalan dengan lancar.

Materi yang disampaikan narasumber dapat di download di sini.

www.anggaran.depkeu.go.id

Related Post Rapat Koordinasi Penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2014

Pengetatan Defisit Anggaran Untuk Menekan Defisit Transaksi Berjalan

Mendudukan Bendahara Sesuai Tempatnya

Infrastruktur Dasar Harus Jadi Perhatian Para Kader Parpol Terpilih

Realisasi Belanja K/L Meningkat pada 2013

Realisasi Belanja Negara Capai 71,7 Persen